Rabu, 08 Januari 2014

Sejarah Unit Gizi RSPAD GS

Sebelum terbentuknya Unit Gizi,tempat pengadaan dan penyelenggaraan makanan di RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad disebut Si Diamak (Seksi penyediaan makanan) / Institusinya hanya setingkat Seksi yg dipimpin oleh Militer berpangkat Mayor. Pimpinan RSPAD GS Ditkesad mengusulkan perlu adanya perubahan dari unit kerja atau bagian, salah satu bagian yang dipandang perlu adanya perubahan adalah Seksi penyelenggaraan dan penyediaan makanan / Si Diamak. Maka pada tgl 25 April 2002 terjadi perubahan dari Si Diamak menjadi Unit Gizi yg dipimpin oleh seorang Militer berpangkat Letnan Kolonel dan dikukuhkan keberadaanya di RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad sesuai dengan keputusan Kasad Nomor : Kep / 9 / I / 2004 tanggal 30 Januari 2004.

Unit Gizi RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad merupakan salah satu unit kerja yang melayani makan pasien rawat inap, baik yang mendapatkan pelayanan diet makanan biasa / standar rumah sakit, maupun yang mendapatkan pelayanan diet khusus sesuai dengan penyakit yang diderita. Pelayanan makanan untuk pasien rawat inap saat ini sudah menjadi bagian dari terapi dalam langkah penyembuhan pasien dilakukan secara terkordinasi dengan upaya medis lainnya, bahkan untuk kasus – kasus yang sangat spesifik dibicarakan bersama Tim Komite Medik.

Saat ini Unit Gizi RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad dalam upaya proses perubahan menjadi Instalasi, yang nantinya dijabat oleh seorang Militer berpangkat Kolonel, mengingat besarnya beban tugas pelayanan gizi di RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad sebagai Rumah Sakit Tingkat I dan sebagai Rumah Sakit rujukan tertinggi di jajaran TNI AD.RSPAD GS Ditkesad bertugas pokok menyelenggarakan pelayanan perumahsakitan tertinggi di jajaran TNI AD, melalui upaya-upaya pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitatif yang terpadu dengan pelaksanaan kegiatan kesehatan promotif dan preventif dalam rangka mendukung tugas pokok Ditkesad.